Tips Ampuh Merawat Kulit Agar Putih Dan Bersih

Warna kulit seseorang baik itu hitam, putih dan coklat ditentukan oleh banyak faktor. Faktor dari luar tubuh karena adanya paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. Sementara faktor lain dari dalam tubuh yang sedikit banyak ditentukan oleh melanin. Melanin diproduksi oleh sel melanosit, yang mana melanin dirangsang produksinya oleh enzim tyronase. Inilah yang kemudian mempengaruhi warna kulit, mata dan rambut. Banyak sedikitnya serta jenis melanin yang menentukan pigmen diatur oleh beberapa gen dalam tubuh yang diturunkan dari orangtua ke anak-anak mereka. Gen-gen inilah yang menyebabkan banyaknya perbedaan warna kulit pada manusia.


Adanya anggapan bahwa warna kulit putih lebih cantik, membuat wanita mencoba berbagai usaha untuk memutihkan kulit. Padahal untuk mencerahkan dan memutihkan kulit tergantung pada ras nya masing-masing. Tentu saja ras kaukasian atau orang bule berbeda dengan ras orang Asia atau Negroid. Jadi pada saat whitening bekerja akan memberikan hasil yang berbeda untuk setiap ras.


Berikut beberapa cara alami yang dapat kamu coba untuk memutihkan kulit :



- Jeruk Nipis dan Lemon
Kandungan vitamin C pada jeruk sangat tinggi. Ada dua cara memanfaatkan jeruk. Pertama, dengan mengkonsumsi langsung. Kedua, menggunakan jeruk nipis dari luar dengan mengusapkan potongan jeruk nipis wajah dan bagian tubuh yang diinginkan secara rutin setiap hari. Bisa juga dengan cara mencampur jeruk lemon dengan putih telur, gunakan sebagai masker selama 5-10 menit kemudian dibilas.
Jeruk dapat dikombinasikan dengan yoghurt. Yoghurt mengandung vitamin C dan B3 yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Caranya, 2 sdm yoghurt dicampur 1 sdm perasan jeruk, aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada wajah dan leher secara merata dan biarkan selama 15 menit.


- Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain, yang berguna sebagai eksfoilator yaitu membersihkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi cerah dan halus. Caranya, pepaya diblender atau dihaluskan, bisa dicampur dengan jeruk nipis, lalu oleskan ke wajah, leher dan seluruh tubuh yang ingin diputihkan. Lakukan seminggu sekali.


- Pisang Ambon
Selain mengandung vitamin C, pisang ambon juga mengandung serat tinggi. Pisang ambon cocok digunakan untuk kulit normal. Caranya, pisang ambon dikupas lalu diblender, setelah itu ditambahkan dengan 1 sdt madu dan diaduk sampai rata. Jadikan campuran tersebut sebagai masker, dengan cara mengoleskan pada wajah termasuk leher. Lalu diamkan selama 15 menit setelah itu dicuci bersih dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali.


Tips Tambahan
- Jika diblender, jangan terlalu lama karena jika terlalu halus akan menjadi cairan dan vitamin C dalam buah menjadi rusak
- Karena vitamin C atau antioksidan cepat mengalami oksidasi, maka begitu buah-buahan tersebut dibuat, segeralah digunakan agar kandungan vitaminnya tidak menguap.
- Perawatan dengan bahan alami cukup dilakukan seminggu sekali agar tidak timbul iritasi. Terutama jeruk yang bersifat asam.
- Buah-buahan dapat dicampur dengan susu atau madu. Susu bersifat untuk melembutkan kulit, sementara madu bersifat sebagai antibakteri, memberikan nutrisi dan melembabkan kulit.
- Tetap harus rutin melakukan perawatan wajah harian, seperti membersihkan wajah dengan facial wash atau cleansing milk lalu memakai toner.

Demikian tips ampuh memutihkan kulit secara alami, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Lainnya